RSS

OpenSuse 11.1 32-bit DVD installer

19 Jan

Kecewa dengan bonus Majalah Info Linux yang menyertakan hanya live CD open Suse 11.0, akhirnya saya mencoba mendownload pada rilis terbarunya bersi 11.1 versi DVD. Filenya lumayan gede sekitar 4,2 Giga, memerlukan waktu sekitar 5 jam untuk download.

Menurut http://opensuse.or.id/2008/12/19/rilis-opensuse-111/ pada rilisnya sekarang Opensuse 11.1 Rilis kali ini menyertakan lebih dari 230 feature terbaru, improvements pada YaST, perbaikan-perbaikan  pada GNOME, KDE, OpenOffice.org, dan sudah menyertakan model lisensi (EULA) baru, fonts open source dan openJDK. Rilis kali ini juga merupakan rilis pertama yang keseluruhan prosesnya dilakukan melalui openSUSE Build Service.

Desktop

Pengguna openSUSE untuk kegiatan sehari-hari dapat memilih berbagai desktop environment terbaru, yaitu GNOME 2.24.1, KDE 4.1.3, KDE 3.5.10, XFCE dan Icewm yang disertakan dalam 1 DVD openSUSE 11.1. Khusus untuk KDE 4.1.3 dan Gnome 2.24.1 tersedia juga dalam bentuk LiveCD untuk 32 bit dan 64 bit.

GNOME 2.24.1

GNOME memiliki cukup banyak perbaikan dibandingkan openSUSE 11.0. GNOME 2.24.1 menambahkan kemampuan tabbed browsing dan compact view pada Nautilus, improvement untuk akses Gmail melalui Evolution, termasuk adanya template email untuk kemudahan pembuatan email, versi terbaru dari telepon internet Ekiga dan tambahan kemampuan pada aplikasi pengelola foto F-Spot.

Gnome 2.24.1 juga menyertakan aplikasi music player yang populer, Banshee. Banshee 1.4 mendukung akses Internet radio, kompilasi album, tambahan view untuk video dan audio dan mendukung sinkronisasi dengan ponsel berbasis Android.

KDE 4.1.3

KDE 4 memiliki perubahan sangat besar dibandingkan openSUSE 11.0. Jika pada versi sebelumnya ada beberapa bug (karena KDE 4 masih dalam tahapan alpha-beta dan masih belum stabil), kini KDE 4 sudah lebih leluasa dipakai.

KDE-PIM sudah terintegrasi kembali pada KDE 4, tambahan berbagai games, CD player, perubahan pada KSystemLog untuk mengawai perubahan sistem, perbaikan pada Dolphin file manager, Konqueror, dan tambahan integrasi Marble dengan OpenStreetMap. Marble ini mungkin belum terlalu populer di Indonesia karena map di Indonesia belum terlalu presisi namun integrasinya di KDE cukup menjanjikan. KDE juga kini melakukan standarisasi PackageKit untuk backend, baik untuk penanganan desktop sehari-hari maupun untuk melakukan update.

OpenSUSE juga melakukan backported untuk beberapa aplikasi terbaik dari KDE 4.2, termasuk featue compositing untuk desktop efek pada KWin, panel yang bisa auto-hide dan beberapa tambahan lainnya.

KDE 3.5.10

Meski sudah menyertakan KDE 4.1.3, openSUSE juga tetap menyertakan KDE .3.5 bagi para pengguna openSUSE yang lebih menginginkan aplikasi berbasis KDE 3.5. KDE 3.5 yang disertakan adalah KDE 3.5.10 yang dapat diinstall melalui DVD.

Open Office

Berbeda dengan distro lain yang dirilis sebelumnya, openSUSE menyertakan OpenOffice.org versi 3.0 secara default. Basis Open Office yang dipakai adalah OpenOffice.org 3.0 Novell edition yang memiliki berbagai tambahan kemampuan dibandingkan Open Office generik -) , antara lain berupa interoperabilits yang lebih baik dengan Excel, perbaikan performance, 3D slide transitions, dan banyak lagi feature yang tidak ada pada Open Office standar.

Under the Hood

openSUSE 11.1 juga menyertakan beberapa perbaikan pada dasar sistem yang digunakan, termasuk kernel versi terbaru, Glibc terkini, versi terbaru dari PackageKit, integrasi Smolt untuk deteksi hardware yang digunakan dan berbagai aplikasi terkini lainnya. Beberapa versi aplikasi yang digunakan antara lain :

  • Linux 2.6.27.7
  • Glibc 2.9
  • Python 2.6
  • Perl 5.10
  • Mono 2.0

Improvement pada YAST

YAST menyertakan pebraikan untuk modul penanganan printer, desain ulang pada penanganan partisi dan tambahan modul check seluruh aspek keamanan openSUSE.

Download

Terima kasih secara khusus pada Andi “Belutz: Darmawan dari Depkominfo yang telah menyediakan mirror openSUSE 11.1 baik repo maupun iso. Berikut adalah beberapa link yang dapat digunakan untuk melakukan download openSUSE 11.1 :

Setelah saya coba dilaptop axioo Zetta saya, Opensuse terinstall dengan baik, modem sierra wireless aircard saya juga terdeteksi, tetapi untuk mengkonfigurasi dengan settingan telkomsel flash belum berhasil sampai sekarang, lain kali saya coba. Fitur-fitur yang lain belum sempat saya cobain. keseluruhan distro linux ini memang bagus untuk dicoba dan dipakai.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 19, 2009 in Linux

 

2 responses to “OpenSuse 11.1 32-bit DVD installer

  1. Taufik

    Februari 13, 2009 at 6:09 pm

    pak, sy jg lagi kesulitan setting huawei e169 (tflash) pada opensuse 11.1 64 bit…
    udah cari sana sini masih blum nemu solusi yg pasti,,,
    tlg bimbingannya…
    tx b4

     
    • medicom

      Mei 9, 2009 at 7:48 am

      Coba anda install knetwork manager pake yast

       
 
%d blogger menyukai ini: